Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan
Interaksi dalam lingkungan pendidikan berlangsung dalam
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Lingkungan keluarga dimana
interaksi antara orang tua dan anak terdapat interaksi pendidikan yang tanpa
perencanaan secara tertulis atau kurikulum sehingga lingkungan keluarga
termasuk dalam pendidikan informal.
Sedangkan dalam lingkungan masyarakat, juga
terdapat pendidikan formal seperti kursus, bimbingan belajar yang juga memiliki
kurikulum bervariasi, tetapi para ahli pendidikan lebih menamai pendidikan
tersebut dengan istilah pendidikan luar sekolah. Dalam lingkungan sekolah pasti
memiliki kurikulum. Pengajaran yang direncanakan, terstruktur. Guru sebagai
pendidik di sekolah telah dipersiapkan secara formal dalam lembaga pendidikan
guru. Sehingga
peran guru dalam pengembangan kurikulum juga sangat penting.
Berhubungan
dengan itu, kedudukan kurikulum dalam pendidikan adalah
1. Kurikulum mempunyai
kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum bertujuan
sebagai arah, pedoman, atau sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan proses
pembelajaran (belajar mengajar). Kurikulum mengarahkan segala bentuk
aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
2. Kurikulum merupakan suatu
rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan
urutan isi, serta proses pendidikan.
3. Kurikulum merupakan suatu
bidang studi, yang ditekuni oleh para ahli atau spesialis kurikulum, yang
menjadi sumber konsep-konsep atau memberikan landasan-landasan teoritis bagi
pengembangan kurikulum berbagai institusi pendidikan.
Dengan demikian, kurikulum adalah syarat mutlak dalam
sekolah. Bagaimana seandanya jika di sekolah tidak terdapat kurikulum? Dalam
penjelasan di atas kurikulum mempunyai kedudukan sentral, sebagai pusat
proses pendidikan sehingga apabila tidak ada kurikulum maka proses
belajar mengajar tidak akan mencapai tujuan dengan baik karena di dalam
kurikulum berisi rencana pendidikan sebagai pedoman dan juga sebagai bidang
studi yang menjadi sumber konsep dan landasan bagi institusi pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Menerima Kritik Dan Saran