Translate

Sabtu, 01 Desember 2012

Contoh RPP Hadist


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.  Standar Kompetensi
Sekolah                : MA NURUL HIDAYAH
Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester   : XI / I
Pertemuan ke       : II (dua)
Materi Pokok       : HADIS MENCINTAI ANAK YATIM
Alokasi Waktu     : 1 x 45 Menit
B.     Standar Kompetensi
Siswa mampu memahami kandungan hadis tentang mencintai anak yatim.
C.    Kompetensi Dasar
Siswa mampu mengimplementasikan dari hadis tentang mencintai anak yatim di dalam kehidupan.
D.    Indikator
1.    Siswa dapat membacakan hadis “Mencintai Anak Yatim”.
2.    Siswa dapat menuliskan makna dari hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”.
3.    Siswa dapat memberikan contoh orang yang mengamalkan hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”.
E.     Tujuan
Dengan metode Reading Aload, Ceramah, Diskusi Kelompok dan Tanya Jawab yang digunakan diharap mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi kemudahan dalam memahami, meneladani dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
F.      Materi
1.      Hadis “Mencintai Anak Yatim”.
2.      Uraian Materi
a.       Matan hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
b.      Makna hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
c.       Contoh implemeentasi hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
G.    Metode Pembelajaran
1.      Tahap / bagian awal               : Metode Ceramah,
2.      Tahap / bagian inti                  : Metode Diskusi kelompok,
3.      Tahap / bag ian akhir : Metode Tanya Jawab,

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
Bagian Awal

1.         Guru memberi salam pembuka
2.         Guru memimpin berdoa
3.         Guru menanyakan kehadiran siswa
4.         Guru menempel poster/menulis materi yang akan dibahas di dinding
5.         Guru memberi pengantar pembelajaran tentang hadis “Mencintai Anak Yatim”
6.         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok berdasarkan absen
Siswa menjawab salam

Siswa berdoa


Siswa memberi informasi


Siswa membagi kelompok

Religius





Disiplin





15 menit
Bagian Inti
1.         Guru memberi contoh   arti, kandungan, dan contoh perilaku yang mengamalkan dari hadis

2.         Guru meminta setiap kelompok untuk bedikusi sekaligus menuliskan arti, kandungan, dan contoh perilaku yang mengamalkan dari ayat tersebut

3.         Guru memberikan waktu kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya

4.         Guru memberikan uplous pada penampilan setiap kelompok

5.         Guru menyimpulkan  hasil kelompok dan  materi

6.         Guru memberikan waktu siswa untuk berkomentar
Siswa  memperhatikan instruksi.

Siswa menjalankan perintah dari guru



Siswa lain memperhatikan.








Siswa mengikuti petunjuk gur
Siswa mendengarkan


Siswa mampu memhami hasil diskusi
Kelompok
Tanggung jawab.







Partisipasi
Kerjasama
Percaya diri















Bertanggung jawab

60 menit
Bagian Penutup
1.    Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
2.    Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
3.    Guru menyimpulkan seluruh materi pemebelajaran
4.    Guru memimpin doa penutup
5.    Guru memberi salam penutup pertanda selesai kegiatan pembelajaran.
Siswa mampu memahami dengan tuntas

Siswa mengerjakan soal Evaluas

Siswa mengumpulkan kepada guru


Siswa menjawab salam
Tanggung jawab














15 menit

I.     Sarana/Alat dan Sumber Belajar
1.    Kertas
2.    Pulpen/ alat tulis
3.    Papan Tulis


J.     Penilaian
1.      Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok.
2.      Presentasi
3.      Keaktifan bertanya
4.      Evaluasi ketuntasan belajar
Yogyakarta,                2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


……………………                                                                AHMAD BAROKAH
NIP.                                                                                        NIM. 114 11 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerima Kritik Dan Saran