RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Standar Kompetensi
Sekolah : MA NURUL HIDAYAH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
XI / I
Pertemuan ke :
II (dua)
Materi Pokok :
HADIS MENCINTAI ANAK YATIM
Alokasi
Waktu : 1 x 45 Menit
B. Standar
Kompetensi
Siswa mampu
memahami kandungan hadis tentang mencintai anak yatim.
C. Kompetensi Dasar
Siswa mampu mengimplementasikan dari hadis tentang mencintai anak
yatim di dalam kehidupan.
D. Indikator
1.
Siswa dapat membacakan hadis “Mencintai Anak
Yatim”.
2.
Siswa dapat
menuliskan makna dari hadis tentang ”Mencintai Anak
Yatim”.
3.
Siswa dapat
memberikan contoh orang yang mengamalkan hadis tentang
”Mencintai Anak Yatim”.
E. Tujuan
Dengan metode Reading Aload, Ceramah,
Diskusi Kelompok dan Tanya Jawab yang
digunakan diharap mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi
kemudahan dalam memahami, meneladani dan mengaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
F. Materi
1.
Hadis “Mencintai
Anak Yatim”.
2.
Uraian Materi
a.
Matan hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
b.
Makna hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
c.
Contoh
implemeentasi hadis tentang ”Mencintai Anak Yatim”
G. Metode
Pembelajaran
1.
Tahap / bagian awal : Metode Ceramah,
2.
Tahap / bagian inti : Metode Diskusi
kelompok,
3.
Tahap / bag ian akhir : Metode
Tanya Jawab,
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
Bagian
Awal
|
1.
Guru memberi salam pembuka
2.
Guru memimpin berdoa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru menempel poster/menulis materi yang akan
dibahas di dinding
5.
Guru memberi pengantar pembelajaran tentang hadis “Mencintai
Anak Yatim”
6.
Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok berdasarkan absen
|
Siswa menjawab salam
Siswa berdoa
Siswa memberi informasi
Siswa membagi
kelompok
|
Religius
Disiplin
|
15 menit
|
Bagian
Inti
|
1.
Guru memberi contoh arti,
kandungan, dan contoh perilaku yang mengamalkan dari hadis
2.
Guru meminta setiap kelompok untuk bedikusi
sekaligus menuliskan arti, kandungan, dan contoh perilaku yang mengamalkan dari
ayat tersebut
3.
Guru memberikan waktu kepada setiap kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
4.
Guru memberikan uplous pada penampilan setiap kelompok
5.
Guru menyimpulkan hasil kelompok
dan materi
6.
Guru memberikan waktu siswa untuk berkomentar
|
Siswa
memperhatikan instruksi.
Siswa menjalankan perintah dari guru
Siswa lain memperhatikan.
Siswa mengikuti petunjuk gur
Siswa mendengarkan
Siswa mampu memhami hasil diskusi
|
Kelompok
Tanggung jawab.
Partisipasi
Kerjasama
Percaya diri
Bertanggung
jawab
|
60
menit
|
Bagian
Penutup
|
1.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
2.
Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran dengan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan
3.
Guru menyimpulkan seluruh materi pemebelajaran
4.
Guru memimpin doa penutup
5.
Guru memberi salam penutup pertanda selesai kegiatan pembelajaran.
|
Siswa mampu memahami dengan tuntas
Siswa mengerjakan soal Evaluas
Siswa mengumpulkan
kepada guru
Siswa menjawab salam
|
Tanggung jawab
|
15
menit
|
I. Sarana/Alat dan
Sumber Belajar
1.
Kertas
2.
Pulpen/ alat tulis
3.
Papan Tulis
|
|
J.
Penilaian
1.
Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok.
2.
Presentasi
3.
Keaktifan
bertanya
4.
Evaluasi
ketuntasan belajar
Yogyakarta, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………… AHMAD BAROKAH
NIP. NIM.
114 11 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Menerima Kritik Dan Saran