Translate

Rabu, 05 Desember 2012

MEKANISME PENYUSUNAN KTSP


A.    MEKANISME PENYUSUNAN KTSP
Dalam mekanisme penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), terdapat beberapa tahapan yang secara berurutan harus dilaksanakan terlebih dahulu. Tahapan-tahapan dalam mekanisme penyusunan KTSP tersebut adalah,
1)      Pembentukan tim kerja
Dalam rangka pengembangan KTSP setiap satuan pendidikan perlu memmbentuk tim pengembang kurkulum. Tim pengembang KTSP terdiri dari guru, kepala sekolah, guru pembimbing (konselor), komite sekolah, dan dalam hal tertentu dapat melibatkan orang tua atau peserta didik.


2)      Penyusunan draft
Setelah terbentuk tim pengembang KTSP, selanjutnya mengembangkan draft KTSP yang lengap mulai dari perumusan visi dan misi satuan pendidikan sampai pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang siap diaktualisasikan dalm pembelajaran.

3)      Revisi dan finalisasi
Penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan bagian dari kegiatan perencanaan sekolah/madrasah. Kegiatan ini dapat berbentuk rapat kerja sekolah/ madrasah dan/atau kelompok sekolah/madrasah yang diselenggarakan dalam jangka waktu sebelum tahun ajaran baru.
     
      Kegiatan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan secara garis besar terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu :
a.       Penyiapan dan penyusunan draft
b.      Review dan revisi
c.       Finalisasi.
Langkah lebih rinci dari masing-masing kegiatan dapat diatur dan dikembangkan oleh tim penyusun kurikulum pada masing-masing satuan pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA



E. Mulyasa. 2011. Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerima Kritik Dan Saran