Translate

Kamis, 27 September 2012

HADITS MADRASAH ALIYAH

MATERI HADITS MADRASAH ALIYAH

1.     Keharusan Mencari Ilmu (kelas xii)
طلب العلم فريضة على كل مسلم و إن طالب العلم يستغفرله كل شئ حتى الحيتان فى البحر (صحيح رواه ابن عبد البر عن أنس, الجامع الصغير, ج 2: ص:54) (1)
Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Sungguh pencari ilmu dimohonkan ampunan oleh segala sesuatu sampai ikan di laut sekalipun. (HSR Ibn Abd al-Barr dari Anas, lihat kitab al-Jami’ al-Saghir, juz 2, hlm. 54).
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: كن عالما أو متعلّما أو مستمعا أو محبّا و لا تكن خامسا فتهلك (رواه الدارمى)
Rasulullah saw. Bersabda: “Jadilah engkau seorang yang berilmu (guru), atau orang yang mencari ilmu, atau orang yang mendengarkan (ilmu disampaikan), atau seorang yang mencintai (ilmu, orang yang berilmu, atau orang yang mencari ilmu), dan janganlah menjadi orang yang kelima sehingga kamu akan rusak”. (HR al-Darimi).
2.     Iman dan Ibadah dengan Ikhlas (kelas x)
اَلْاِيْمَانُ مَعْرِفَةٌ بِالْقَلْبِ وَقَوْلٌ بِاللِّسَانِ وَعَمَلٌ بِاْلاَرْكَانِ. (رواه ابن ماجه عن علي بن ابى طالب)
Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan anggota badan. (H.R. bnu Majah dari Ali bin abi Thalib No. 64)(kelas vii dan x)
قَالَ فَاَخْبِرْنِيْ عَنِ اْلاِيْمَانِ قَالَ اَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاْليَوْمِ اْلاَخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ (رواه مسلم عن عمر بن الخطاب)
Jibril berkata: “Kabarkanlah kepadaku tentang iman?” Rasulullah Saw bersabda, “Iman itu ialah kamu percaya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kamu percaya pada takdir yang baik dan yang buruk. (H.R. Muslim dari Umar bin Khattab No. 9). (kelas vii)
عن أمير المؤمنين عمر ابن الخطاب رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول: إنما الأعمال بالنيّات و إنما لكلّ امرئ ما نوى فمن كانت هجرته إلى الله و رسوله فهجرته إلى الله و رسوله و من كانت هجرته لدنيا يصيبها أوامرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه (متفق عليه)
Dari Amir al-Mukminin, Umar bin Khaththab ra.,dia berkata : Aku mendengar rasulullah saw, bersabda: “Sesunggunya amal bergantung pada niat. Sungguh setiap orang akan memperoleh apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan rasul-Nya dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang diinginkannya, atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa yang dia niatkan”. (HR Bukhari dan Muslim).
3.     Nikmat Allah (kelas xi)
عن أبى هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لأبى بكر و عمر: و الذي نفسى بيده لتسألنّ عن هذا النعيم يوم القيامة  أخرجكم من بيوتكم الجوع ثم لم  ترجعوا حتّى أصابكم هذا النعيم (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra., dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda kepada Abu Bakar dan Umar: “Demi Zat yang diriku ada di bawah kekuasaan-Nya, pada hari kiamat, kalian akan ditanya tentang  nikmat ini. Kalian keluar dari rumah karena lapar kemudian kalian tidak kembali sampai kalian mendapat nikmat ini”. (HR Muslim). (kelas xi)
4.     Mensyukuri Nikmat Allah (kelas xi)
عن أبى هريرة رضي الله عنه قال:قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : أنظروا إلى من هو أسفل منكم و لا تنظروا إلى من هوفوقكم. فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم (متفق عليه)
Dari Abu Hirairah ra. Dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: “Lihatlah orang-orang yang lebih rendah daripada kalian dan janganlah kalian melihat orang-orang yang di atas kalian.Yang demikian itu lebih baik untuk tidak meremehkan nikmat Allah atas kalian”.( HR Bukhari dan Muslim). (kelas xi)
روى أحمد أن النبي صلى الله عليه و سلك قال: إن أشكر الناس لله تبارك وتعالى أشكرهم للناس و فى رواية: لا يشكر الله من لا يشكر التاس. (روه أحمد و صححه الترمذي)
Ahmad meriwayatkan bahwa nabi saw, bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling pandai bersyukur kepada Allah tabaraka wa ta’ala adalah orang yang paling pandai berterima kasih kepada manusia, dan dalam riwayat lain disebutkan,bahwa orang yang tidakberterima kasih kepada manusia tidaklah bersykur kepada Allah”. (HR Ahmad dan disahihkan oleh Tirmidzi).
5.     Menjaga Kelestarian lingkungan/perbuatan manususia (kelas xi)
 عن أبى عمرو ابن جبير بن عبد الله قال: قال رسول الله صلى عليه وسلم: من سنّ فى الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيئ و من سنّ سنّة سيئة كان عليه وزرها ووزر من عمل بها بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء (رواه مسلم)
Dari Abu ‘Amr, Ibnu Jubair bin Abdullah, dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: “Siapa yang mengadakan di dalam Islam sunah (kebiasaan) yang baik, maka baginya pahala dari perbuatannya diambah dengan denganpahala orang-orang yang mengamalkannya sesudahnya tanpa mengurangi pahala  mereka sedikitpun. Dan siapa yang mengadakan sunah yang buruk, baginya dosa darai perbuatannya ditambah dengan dosa orang-orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun” (HR Muslim).
6.     Pola Hidup Sederhana (kelas xi)
عن أبي كريمة المقداد بن مَعْدِيْكَرِبَ رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول: ما ملأ أدميّ وعاءا شرّا من بطنه بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لا محالة فثلث لطعامه و ثلث لشرابه و ثلث لنفَسه (رواه الترمذي)
Dari Abu Kariman  al-Miqdad bin Ma’dikarib ra, dia berkata: Aku mendengar rasulullah saw, :”Tiada wadah yang lebih buruk daripada perut yang diisi penuh dengan makanan. Cukuplah seseorang mengisi perutnya dengan beberapa suap makanan (seukuran) untuk menegakkan tulang  rusuknya (sulbi).Jika diaharus membaginya,maka sepertiganya adalah untuk makanannya; sepertiga untukminumannya dan sepertiga untuk  bernafas”. (HR Tirmidzi).

عنو عمرو بن شعب عن أبيه عن جدّه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: "كلْ واشربْ و البسْ و تصدّقْ فى غير سرف و لا مخِيْلةٍ (أخرجه أبو داود و أحمد)
Dari Amr bin Sya’b, dari bapaknya, dari kakeknya, dia berkata babhwa rasulullah saw, bersabda: “Makanlah,minumlah, berpakainlah dan bersedekahlah dengan tidak berlebih-lebihan dan tanpa kesombongan”. (HR Abu Dawud dan Ahmad).

عن جابر رضي الله عنه قال:قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: اتقوا الظلم فإن الظلم ظلمات يوم القيامة و اتقوا الشحّ فإن الشحّ أهلك من كان قبلكم حملهم على أن سفكوا دماءهم واستحلّوا محارمهم(أخرجه مسلم)
Dari Jabir ra.,dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: “Takutlah kalian terhadap kezaliman karena kezaliman merupakan kegelapan di hari kiamat dan takutlah kalian terhadap kekikiran karena kekikiran telah menghancurkan orang-orang sebelum kalian,yakni kekikiran telah menyebabkan mereka menumpahkan darah dan menghalalkan apa-apa yang diharamkan atas mereka”. (HR Muslim).

7.     Berkompetisi dalam Kebaikan (kelas xi)
عن أبى ثعلبة قال قال النبي صلى الله عليه و سلم: البرّ ما سكنت إليه النفس واطمأن إليه القلب والإثم ما لم تسكن إليه النفس ولم يطمئنّ إليه القلب و إن أفتاك المفتون (رواه أحمد) (ص:60)
Dari Abu Tsa’labah,dia berkata: Nabi saw, bersabda: “Kebaikan adalah sesuatu yang menenteramkan jiwa  dan menenangkan hati sedangkan dosa adalah sesuatu yang membuat jiwa tidak tenteram dan tidak menenangkan hati walaupun kamu diberi fatwa oleh para juru fatwa”. (HR Ahmad).
 خطب رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: يا أيها الناس توبوا إلى الله قبل أن تموتوا و بادروا بالأعمال الصالحة قبل أن تشغلوا و صلواالذي بينكم وبين ربكم بكثرة ذكركم به و كثرة الصدقة فى السر و العلانية ترزقوا و تنصروا و تجبروا (رواه ابن ماجه)
Rasulullah saw, berkhutbah: “Wahai manusia, bertaubatlah/kembalilah kepada Allah sebelum kalian meninggal dunia dan bersegeralah melakukan amal-amal kebajikan sebelumkalian sibuk, dan sambunglah silaturahim diantara sesamamu, dan sambunglah hubungan antara kamu dan Tuhanmu dengan memperbanyak dzikir kepada-Nya dan memperbanyak sedekah baiksecara terang-terangan atau secara sembunyi-sembunyi,niscaya kalian akandiberi rizki, ditolong dan diangkat derajatnya”. (HR Ibnu Majah).

8.     Amar Makruf dan Nahi Mungkar (kelas xi)
عن أبى سعيد الخدريّ رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صل ى الله عليه و سلم يقول: من رأى منكم منكرا فليغيّره بيه فإن لم يستطغ فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه و ذلك أضعف الإيمان (رواه مسلم)
Dari Abu Sa’id al-Khudriyyi ra. Dia berkata: Aku mendengar rasulullah saw, bersabda: “Siapapun diantara kalian yang melihat kemungkaran, maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangan (kekuasaan)nya; jika dia tidak mampu, hendaklah dengan lidahnya, dan jika dia tidak mampu, maka hendaknya denganhatinya dan yang demikian adalah selemah-lemah iman”. (HR Muslim).
عن أبى بكر الصديق رضي الله عنه قال: يا أيها الناس إنكم تقرؤن هذهالآية:  يا أيها الذين أمنوا عليكم أنفسكم لا يضركم من ضلّ إذا اهتديتم و تضعونها غير موضعها وإنّى سمعت رسول الله صلى الله يقول: إن الناس إذا رأوا المنكر فلم يغيّروا عمّهم الله بعقابه (رواه أبو داود والترمذى والنسائى) (ص:74)
Dari Abu Bakar al-Shiddiq ra., dia berkata: “Wahai manusia, sesunggunhnya kalian   membaca ayat ini, yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian. Orang yang tersesat tidakakan membahayakan kalian jika kalian mengikuti petunjuk dan kamu, dan tetapi kalian salah meletakkannya dan sungguh aku pernah mendengar rasulullah saw. Bersabda: “Sesunggunya manusia, apabila melihat kemungkaran dan mereka tidak mengubahnya, maka Allah meratakan siksaan-Nya atas mereka semua. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasai).
9.     Bersikap Lunak (kelas xii)
عن أبى بريدة قال: بعث النبي صلى الله عليه و سلم جدّي أبا موسى الأشعريّ ومعاذا إلى اليمن فقال: يسّرا و لا تعسّرا و بشّرا و لا تنفّرا و تطاوعا (رواه البخاري و مسلم) (12:8)
Dari Abu Burdah berkata: Nabi saw.mengutus kakekku, Abu Musa al-Asy’ari, dan Mu’adz ke Yaman, lalu beliau bersabda: “Permudahlah dan jangan mempersulit, gembirakanlah dan janganlah menjauhkan, dan berlemahlembutlah” (HR Bukhari dan Muslim) (12:8)

10.                     Balasan Berdakwah (kelas xii)
عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلىالله عليه و سلم: من دعا إلى هدى كان له من الأجر مثل من أجور من تبعه لا ينقص ذلك من أجورهم شيئا و من دعا إلى ضلالة كان عليه من الإثم من آثام من تبعه للا ينقص ذلك منآثامهم شيئا (رواه أبوداود)
Dari Abu Hurairah, ia berkata,rasulullah saw, bersabda: “Siapa yang mengajak kepada petunjuk akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Siapa yang mengajak kepada kesesatan akan memperoleh dosa seperti dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun” (HR. Abu Dawud) (12:12)
11.                     Tanggung Jawab Manusia (kelas xii)
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنه قال سمعت رسول الله يقول: كلّكم راع. وكلّكم مسؤول عن رعيّته و الإمام راعو مسؤول عن رعيّته و الرجل راع فى أهله وهو مسؤول عن رعيّته و المرأة راعية فى بيت زوجها و مسؤولة عنرعيّتها و الخادم راع فىمال سيّده ومسؤول عن رعيّته و قال: حسبت أن قال: و الرجل راع فى مال أبيه و هو مسؤول عنرعيّته و كلّكم راع ومسؤول عن رعيّته (رواه البخاري ومسلم و الترمذي)
Dari Abdullah bin ‘Umar r.a., ia berkata, saya mendengar rasulullah saw. Bersabda: “Setiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnnya. Imam (kepala negara) adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas rakyatnya. Lelaki adalah pemimpin dalam keluarganya dan bertanggung jawab atas anggota keluarganya. Seorang perempuan adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya dan ia bertanggung jawab atas semua anggota keluarganya. Seorang pembantu adalah pemimpin bagi harta majikannya, dan ia bertanggungjawab atas keamanan dan keutuhan hartanya” Abdullah berkata: “Aku mengira rasulullah akan mengatakan juga bahwa seseorang adalah pemimpin harta ayahnya dan bertanggungjawab atas keamanan dan keutuhan hartanya.Jelasnya, setiap kamu adalah pemimpin dan bertanggungjawab atas segala yang dipimpinnya”. (HR Bukhari, Muslim dan Tirmidzi) (12:24)

12.                     Adil dan Jujur (kelas xii)
عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: إن المقسطين عند الله على منابر مننور يمين الرحمن الذين يعدلون فى حكمهم و ما ولّوا (رواه مسلم والنسائي)
Dari Abdullah bin ‘Amr bin’Ash, ia berkata bahwa rasulullah saw.bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil menurut pandangan Allah akan ditempatkan diatas mimbar dari cahaya sisi kanan Tuhan yang Maha Pemurah. Mereka adalah orang-orang yang berlaku adil dalam memutuskan dan tidak bergeser dari keadilannya”. (HR Muslim dan Nasai) (12:40-41).
4.  عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البرّ و إن البرّ يهدي إلى الجنة و ما يزال الرجل يصدقويتحرّى الصدق حتى يكتب عند الله صدّيقا. و إياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور و إن الفجور يهدي إلى النار وما يزال الرجل يكذب ويتحرّى الكذب حتى يكتب عند الله كذّابا (رواه البخاري)
Dari rasulullah saw. Berkata: “Kamu wajib berlaku jujur karena sesungguhnya jujur membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa ke syurga. Seseorang senantiasa dan berusaha untuk jujur sehingga dia di sisi Allah dicatat sebagai “Orang yang benar-benar jujur”, dan  jauhkan dirimu dari dusta karena sesungguhnya dusta membawa kepada  kemaksiatan dan kemaksiatan membawa ke neraka. seseorang senantiasa dan terus berdusta sehingga dia di sisi Allah ditulis sebagai seorang pendusta”. (HSR Bukhari).(12:43-44)

14.                     Etos Kerja (kelas xii)
عن أنس رصي الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول: "أللّهمّ إنّي أعوذبك من العجز و الكسل و الجبن وأعوذ بك من عذاب القبر و فتنة المحيا والممات (رواه مسكم)
Dari Anas r.a.,ia berkata bahwa rasulullah saw,bersabda: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah, malas dan penakut/pengecut dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan fitnah (ujian) hidup dan mati”. (HR Muslim) (12:77).
15.                     Keseimbangan usaha untuk Dunia dan Akhirat (kelas xii)
عن أنس قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: ليس بخيركم من ترك دنياه لأخرته و لا آخرته لدنياه حتى يصيب منهما جميعا فإن الدنيا بللاغ إلى الآخرة و لا تكونوا كلاعلى الناس (رواه ابن عساكر)
Dari Anas ra. Berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: “Bukanlah orang yang lebih baik diantara kalian orang yang meninggalkan dunianya untuk kepentingan akhiratnya saja, atau meninggalkan akhiratnya untuk kepentingan dunianya saja sehingga dia harus mencapai keduanya karena dunia mengantarkan kepada akhirat dan janganlah kalian menjadi beban manusia/orang lain”. (HR Ibn ‘Asakir). (12:85)

16.                     Makanan yang Halal dan Baik dari usaha sendiri (kelas xii)
عن المقدم رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال: ما أكل أحد قط منأنن يأكل من عمل يده و إن نبي الله داود عليه السلام كان يأكل من عمل يده (رواه البخاري و النسائي)
Dari Miqdam ra. dari nabi saw. Bersabda: “Tidaklah seseorang makan (makanan) yang lebih baik daripada (makanan yang) dia makan dari hasil tangannya sendiri dan Nabi Allah, Dawud as., selalu makan dari hasil karya tangannya sendiri”. (HR Bukhari dan Nasai).

17.                     Kewajiban Menci Rizki (kelas xii)
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: "باكروا فى طلب الرزق والحوائج فإن الغدوّ بركة ونجاح (رواه الطبرانى و البزار)
Bersegeralah mencari rizki di waktu pagi karena pagi hari adalah saat keberkahan dan keberhasilan”. (HR al-Thabrani dan al-Bazzar) (12: 105-106)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerima Kritik Dan Saran