Translate

Kamis, 27 September 2012


40 HADIS
)1.mencari ilmu, 2.menjamak shalat dengan atau tanpa sebab, 3. balasan niat dan amal, 4. waktu taubat , 5. syukur dan sabar, 6. jujur dan dusta, 7. taqwa kepada Alah dan berakhlak mulia kepada sesama, 8. amalan-amalan yang memasukkan ke sorga, 9. jalan menjadi KEKASIH/wali Allah, 10. akal dan manusia yang paling utama.11. DOSA DAN ISTIGHFAR, 12. KEHARUSAN SEDEDEKAH SETIAP HARI, 13. Keharusan nahi munkar, 14. Asal usul zikir setelah salat dan keutamaan kaya yang bersyukur, 15. Perumpamaan mukmin yang membaca al-Quran, 16. Doa orang teraniaya, 17. Hak asasi manusia (HAM), 18. WUDU, 19.   KIKIR DAN Dermawan yang dibenci Allah.
20.doa harian malaikat, 21. Lebih mencintai harta sendiri daripada harta warisan, 22. Kebaikan adalah pintu sorga. 23. Iman tanpa amal tidak diterima dan begitu juga sebaliknya, 24. Jaminan keamanan, 25. CIRI MUKMIN, 26. BAPAK-IBU NABI MUHAMMAD SAW. 27. Iman yang paling utama, 28. Dosa yang memasukkan ke surga, 29. Shalat tahajud, 30. Salat sunah yang  paling utama, 31. Menjamah salat saat akan bepergian, 32. Ciri orang yang kuat, 33. Nasib pemimpin yang menipu rakyatnya, 34. Salat gaib menerangi kuburnya, 35. Mukmin laksana cermin bagi mukmin lainnya,36.  Mukminyang lebih dicintai Allah, 37. Makan dan minum dengan tangan kanan, 38. Mencintai tetangga sebagaimana mencintai dirinya sendiri, 39. Menutupi aib orang lain,40. Zuhud sebagai pengundang cinta Allah dan cinta manusia.

1. طلب العلم فريضة على كل مسلم و إن طالب العلم يستغفرله كل شئ حتى الحيتان فى البحر (صحيح رواه ابن عبد البر عن أنس, الجامع الصغير, ج 2: ص:54) (1)
Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Sungguh pencari ilmu dimohonkan ampunan oleh segala sesuatu sampai ikan di laut sekalipun. (HSR Ibn Abd al-Barr dari Anas, lihat kitab al-Jami’ al-Saghir, juz 2, hlm. 54).
 2. عن عبد الله بن شقيق العقيلى قال: خطبنا ابن عبّاس بالبصرة فلم يزل يخطب غربت الشمس و بدت النجوم فطفق رجل من بنى تميم يقول: "الصلاة الصلاة" فقال ابن عبّاس: "لا أم لك أتعلمنى بالسنة" فقد جمع رسول الله (ص) بين الصلاتين, بين المغرب والعشاء. قال ابن شقيق: فلم يزل فى نفسي ذلك شئ حتى لقيت أبا هريرة فسألته, فصدّقه (رواه أبو داود)
Dari Abdullah bin Syaqiq al-‘Uqaili berkata: Ibn ‘Abbas menyampaikan ceramahnya kepada kami di Basrah dan beliau terus berceramah sampai terbenam matahari dan kelihatan bintang-bintang. Kemudian seorang dari bani Tamim mulai berkata: “Salat! Salat!. Ibnu Abbas berkata: “Baiklah, apakah kamu akan mengajari aku sunnah! Padahal sungguh rasulullah saw. Telah menjamak dua salat, antara magrib dan isya”. Kata Ibnu Syaqiq: “Hati selalu merasa tidak enak karena hal itu sampai aku bertemu dengan Abu Hurairah untuk menanyakan hal tersebut kepadanya dan diamembenarkannya”. (HSR Abu Dawud).
  وعن ابن عبّاس أن النبي (ص) كان يصلّى بالمدينة يجمع بين الصلاتين الظهر و العصر و المغرب و العشاء من غير خوف و لا مطر(و فى الأخرى: من غير خوف ولا سفر). قيل له: "لم؟" قال: لئلّا يكون على أمّته حرج (رواه النسائي)
Dari Ibnu Abbas bahwa nabi saw. Pernah menjamak salah dua salat di Madinah, yakni antara dhuhur dan ashar, magrib dan isya bukan karena kondisi takut dan bukan pulakarena hujan (dan dalam riwayat lain: bukan karena takut dan bukan karena bepergian). Ditanyakan kepada beliau (saw.): “Mengapa hal itu dilakukan?” Beliau menjawab: “Supaya tidak memberatkan umatnya”. (HR. Nasai).

3.     عن أبي العباس عبد الله بن عبّاس بن عبد المطّلب رضي الله عنهما عن رسول الله صلى الله عليه و سلم فيما يروي عن ربه تبارك و تعالى قال: إن الله كتب الحسنات و السيّئات ثمّ بيّن ذلك فمن همّ بحسنة فلم يعملها كتبها الله عنده حسنة كاملة و إن همّ بها فعملها كتبها الله عنده عشر حسنات إلى سبعمائة ضعف إلى أضعاف كثيرة و إن همّ بسيّئة فلم يعملها كتبها الله تعالى عنده حسنة كاملة و إن همّ بها فعملها كتبها الله سيّئة واحدة (متفق عليه)
Dari Abu al-Abbas,yakni Abdullah bin Abbas bin Abdul Mutalib r.a. dari rasulullah saw. Berkenaan dengan apa yang beliau riwayatkan dari Tuhannya Yang Mahaberkah lagi Mahatinggi, beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah mencatat semua kebaikan dan kejahatan”. Kemudian beliau menjelaskan pernyataan itu sebagai berikut: “Siapa saja yang berniat baik dan dia tidak melakukannya,  Allah mencatat di sisi-Nya satu kebaikan (pahala) yang sempurna. Siapa yang berniat baik lalu dia mengamalkannya, Allah mencatat di sisi-Nya 10 kebaikan (pahala) sampai 700 kali lipat bahkan sampai kelipatan yang banyak. Jika dia berniat jahat dan dia tidak mengamalkannya, Allah mencatat di sisi-Nya satu kebaikan (pahala) dan jika dia berniat jahat lalu dia mengamalkannya, maka Allah mencatatnya sebagai satu kejahatan (dosa). (HSR Bukhari dan Musliim).

4.     عن النبي صلى الله عليه و سلم قال: إن الله عزّ و جلّ يقبل توبة العبد ما لم يغرغر (رواه الترمذي عن إبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب و قال: حديث حسن) )النساء: 17)
Dari Nabi saw. Bersabda: “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla menerima taubat selama dia belum bersekarat (nyawa di tenggorokan). (HHR. Tirmidzi dari Abu Abd al-Rahman bin umar bing al-Khattab) (Baca QS al-Nisa: 17).

5.     قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: عجبا لأمر المؤمن إن أمره كله له خير و ليس ذلك لأحد إلا للمؤمن إن أصابته سرّاء شكر  فكان خيرا له وإن أصابته ضرّاء صبر فكان خيرا له (رواه مسلم عن صهيب بن سنان) (الزمر:10:
Rasulullah saw. Bersabda:”Kagum terhadap urusan orang mukmin karena semua urusannya baginya selalu lebih baik dan yang demikian tidak terjadi pada seseorang kecuali pada orang mukmin, yaitu jika dia mendapat nikmat, dia bersyukur. Bersyukur itu lebih baik baginya. Jika dia ditimpamusibah, dia bersabar. Bersabar itu lebih baik baginya”. (HSR Muslim dari Shuhaib bin Sinan).(QS al-Zumar 39: 10 dan Ibrahim:7 dan Saba’ 34: 13).
6.  عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البرّ و إن البرّ يهدي إلى الجنة و ما يزال الرجل يصدقويتحرّى الصدق حتى يكتب عند الله صدّيقا. و إياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور و إن الفجور يهدي إلى النار وما يزال الرجل يكذب ويتحرّى الكذب حتى يكتب عند الله كذّابا (متفق عليه) (بلوغ المرام ص: 307)
Dari rasulullah saw. Berkata: “Kamu wajib berlaku jujur karena sesungguhnya jujur membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa ke syurga. Seseorang senantiasa dan berusaha untuk jujur sehingga dia di sisi Allah dicatat sebagai “Orang yang benar-benar jujur”, dan  jauhkan dirimu dari dusta karena sesungguhnya dusta membawa kepada  kemaksiatan dan kemaksiatan membawa ke neraka. seseorang senantiasa dan terus berdusta sehingga dia di sisi Allah ditulis sebagai seorang pendusta”. (HSR Bukhari).(12:43-44)

7.  عن رسول الله صلى اله عليه و سلم قال: إتّق الله حيثما كنت و أتبع السيئة الحسنة تمحها و خالق الناس بخلق حسن (رواه الترمذي عن أبى ذر و معاذ بن جبل)
Dari rasulullah saw. Bersabda: “Takutlah kepada (siksa) Allah di manapun kamu berada dan ikutilah kejahatan dengan kebaikan, niscaya ia (kebaikan) akan menghapusnya dan berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik!” (HR Tirmidzi dari Abu Dzarr dan Mu’adz bin Jabal).
8.  عن أبى أمامة رضي الله عنه قال : سمعت  رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب فى حجة الوداع فقال: اتّقوا الله و صلّوا خمسكم و صوموا شهركم وأدّوا زكاة أموالكم وأطيعوا أمراءكم تدخلوا جنة ربكم (رواه الترمذي)
Dari Abu Umamah r.a. berkata: Aku mendengar rasulullah saw. Berkhutbah di haji wada’, katanya: “Takutlah kalian kepada (siksa) Allah. Salatlah 5 waktu. Berpuasalah pada bulan (Ramadan)mu.Tunaikan zakat hartamu dan taatilah pemerintahmu, niscaya kalian masuk syurga Tuhan kamu (HR Tirmidzi).
 وحدثنى أبو بكر بن إسحق حدثنا عفان حدثنا وهيب حدثنا يحيى بن سعيد عن أبى زرعة عن أبى هريرة أن أعرابيا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقال: يا رسول الله دلنى على عمل إذا عملته دخلت الجنة. قال: تعبد الله لا تشرك به شيئا وتقيم الصلاة المكتوبة و تؤدى الزكاة المفروضة و تصوم رمضان. قال: والذى نفسى بيده لا أزيد على هذا شيئا أبدا و لا أنقص منه. فلما ولّى, قال النبي صلى الله عليه وسلم: من سرّه أن ينظر إلى رجل من أهل الجنة, فلينظر إلى هذا. (رواه مسلم فى صحيحه, ج:1, ص:31, رقم: 15و روى أيضا البخارى و الترمذى و ابن ماجة و أحمد)
Aku (Muslim) diberitahu Abu Bakar bin Ishaq, kami diberitahu oleh ‘Affan, kami diberitahu oleh Wahab, kami diberitahu oleh Yahya bin Sa’d dari Abu Zur’ah  dari Abu Hurairah bahwa seorang Arab desa (gunung) datang kepada rasulullah saw. Lalu bertanya: Ya rasulallah, tunjukkanlah kepadaku amal yang jika aku kerjakan, aku masuk syurga!” Beliau bersabda: “Kamu sembah Allah; kamu tidak menyekutukan Dia dengan sesuatu; kamu dirikan salat wajib; kamu tunaikan zakatyang diharuskan; dan kamu puasa Ramadan”. Katanya: “Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, aku tidak akan menambah atas yang demikian ini selama-lamanya dan juga tidak akan menguranginya”.Setelah dia berbalik/pergi, nabi saw. Bersabda: “Siapa yang ingin melihat seorang ahli syurha,maka lihatlah orang ini!” (HR Muslim dalam sahihnya juz 1, hlm 31, hadis no.15, dan juga diriwayatkan oleh Bukhari, Tirmidzi, Ibn Majah dan Ahmad).

9.  عن أبى هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم إن الله تعالى قال: من عادى لى وليّا فقد آذنته بالحرب. و ما تقرّب إليّ عبدي بشئ أحبّ إليّ ممّا افترضت عليه. وما يزال عبدي بتقرّب إليّ بالنوافل حتى أحبّه فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به و بصره الذي يبصر به و يده التي يبطش بها و رجله التي يمشي بها و لئن سألنى لأعطينّه ولئن استعاذنى لأعيذنّه (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw.bersabda: sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: “Siapa yang memusuhi kekasih-Ku (wali-Ku) sungguh Aku nyatakan perang terhadapnya. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai melebihi daripada (menjalankan) apa-apa yang telah Kuwajibkan kepadanya.  Hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan menjalan-kan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya.Jika Aku mencintainya, Aku akan menjadi Pendengarannya yang dengan-Nya dia mendengar, dan Aku menjadi Penglihatannya yang dengan-Nya dia melihat, dan Aku menjadi Tangannya yang dengan-Nya dia memegang, dan Aku menjadi Kakinya yang dengan-Nya dia berjalan, dan jika dia memohon kepada-Ku, pasti Aku beri dia, dan jika dia mohon perlindungan kepada-Ku, pasti Aku lindungi dia” (HSR. Bukhari).
10.           عن عائشة رضى الله عنها قالت: "قلت: "يا رسول الله, بما يتفاضل الناس فى الدنيا ؟" قال: :"بالعقل". قلت: "و فى الآخرة ؟" قال: "بالعقل ؟" قلت: "أليس إنما يجزون بأعمالهم ؟ فقال صلى الله عليه و سلم: "يا عائشة, وهل عملوا إلا بقدر ما أعطاهم عز و جل من العقل ؟ فبقدر ما أعطوا من العقل كانت أعمالهم و بقدر ما عملوا يجزون". (قال العراقى: أخرجه ابن المجبر و الترمدى الحكيم فى النوادر بنحوه)
Dari ‘Aisyah r.a. berkata: aku bertanya: “Ya rasulallah, dengan apa manusia dibeda-bedakan di dunia?” Beliau menjawab: “Dengan akal”. Aku bertanya: “Di akhirat?” Beliau menjawab: “Dengan akal”. Aku bertanya lagi: “Bukankah mereka dibalasi sesuai dengan amal mereka?” Beliau saw. Menjawab: “Bukankah mereka beramal kecuali sekadar akal yang Allah ‘Azzawa Jalla berikan kepada mereka? Oleh karena itu, seukuran akal yang diberikan kepada merekalah, mereka beramal dan seukuran apamereka kerjakan itulah mereka akan dibalas”. (al-‘Iraqi berkata: Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnual-Mujbir dan hadis yang sama diriwayatkan pula oleh Tirmidzi al-Hakim di dalam kitab al-Nawadir)
11.           عن ابى هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: "والذى نفسى بيده لولم تذنبوا لذهب الله بكم و جاء بقوم يذنبون فيستغفرون الله تعالى فيغفر لهم (رواه مسلم رقم:    421 من رياض الصالحين)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: rasulullah saw. Bersabda: “Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalaulah kalian tidak melakukan dosa, pastilah Allah akan menghilangkan (mematikan) kalian dan mendatangkan (menciptakan) kaum yang lain yang melakukan dosa lalu mereka memohon ampun kepada Allah Ta’ala dan Allahpun mengampuni mereka” (HSR Muslim, lihat kitab Riyad al-Salihin, hadis no. 421).
12.           عن أبى هريرة رضي الله عنه قال   قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: كلّ سلامى من الناس عليه صدقة كلّ يوم تطلع فيه الشمس: يعدل بين الإثنين صدقة, ويعين الرجل فى دابّته فيحمله عليها أو يرفع له عليها متاعه صدقة, والكلمة الطيبة صدقة, وبكل خطوة يمشيها إلى الصلاة صدقةو ويميط الأذى عن الطريق صدقة" (متفق عليه)و معنى يعدل بينهما= يصلح بينهما بالعدل (ص: 85, رقم:248 من رياض الصالحين)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: rasulullah saw.bersabda: “Setiap persendian manusia wajib disedekahi setiap hari yang padanya terbit matahari: Berbuat adil terhadap dua orang adalah sedah; menolong seseorang pada hewan kendaraannya, yakni membawa dia ke atasnya atau mengangkatkan barangnya ke atasnya adalah sedekah; (mengucapkan) kalimah yang baik adalah sedekah; setiap langkah berjalan ke (masjid) untuk salat adalah sedekah; menyingkirkan gangguan daari jalan adalah sedekah” (HSR Bukhari dan Muslim) dan makna berlaku adil di antara keduanya adalah mendamaikan keduanya dengan adil, lihat Riyad al-Salihin, hlm. 85, hadis no.248).
13.   مثل القائم فى حدود الله و الواقع فيها كمثل قوم استهموا على سفينة فصار بعضهم أعلاها و بعضهم أسفلها. فكان الذىن فى أسفلها إذا استقوا من الماء مرّوا على من فوقهم, فقالوا: "لو أنّا خرقنا فى نصيبنا خرقا و لم نؤذ من فوقنا. فإن تركوهم و ما أرادوا هلكوا جميعا وإن أخذوا على أيديهم نجوا و  نجوا جميعا (رواه البخاري)( رياض الصالحين, ص:68, رقم: 187)
Perumpamaan orang yang menegakkan hukum-hukum Allah dan orang yang melanggarnya adalah seperti kaum yang mengundi nasib naik perahu. Sebagian mereka mendapat bagian di atas dan sebagian yang lain di bawah. Mereka yang di bawah, apabila mencari air, melewati orang-orang yang diatasnya, lalu mereka berkata: “Kalau kami lobangi perahu di bagian, kami tidak akan mengganggu orang-orang yang di atas kami. Jika mereka yang di atas membiarkan mereka yang di bawah dan apa yang mereka inginkan, mereka akan hancur (tenggelam) semua. Jika mereka mencegah tangan mereka, mereka semua selamat.” (HR Bukhari,lihat Riyad al-Salihin, hlm. 68, hadis no.187).
14.   عن أبى هريرة رضي الله عنه أن فقراء المهاجرين أتوا رسول الله صلى الله عليه و سلم فقالوا: ذهب  أهل الدثور بالدرجات العلى و النعيم المقيم. فقال: "وما ذاك؟" فقالوا: "يصلون  كما نصلّى و يصومون كما نصوم و يتصدّقون و لا نتصدّق ويعتقون ولا نعتق. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "أفلا أعلّمكم شيئا تدركون به من سبقكم و تسبقون به من بعدكم ولا يكون أحد أفضل منكم إلا من صنع مثل ما صنعتم؟" قالوا: "بلى يا رسول الله" قال: "تسبّحون و تكبّرون و تحمدون دبر كلّ صلاة ثلاثا وثلاثين مرّة" فرجع فقراء المهاجرين  إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقالوا: "سمع إخواننا أهل الأموال بما فعلنا ففعلوا مثله". فقال رسول الله صلى الله عليه : "ذلك فضل الله يؤتيه من يشاء" (متفق عليه).(رياض الصالحين, ص:173, رقم: 571)
Dari Abu Hurairah r.a. (berkata): orang-orang fakir dari kalangan muhajirin datang kepada rasulullah saw. Lelau mereka berkata: “Orang-orang kaya telah meraih derajat yang tinggi dan kenikmatan yang abadi”.Maka rasulullah saw. Bersabda: “Apa maksud yang demikian itu?”mereka menerangkan: “Mereka (si kaya) salat sebagaimana kami salat; mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa; mereka bersedekah sedangkan kami tidak bersedekah; mereka memerdekakan budak sedangkan kami tidak memerdekakan budak”. Rasulullah saw. Bersabda: “Maukah kalian aku ajari sesuatu yang dengannya mengejar orang yang mendahului kalian dan dengannya kalian dapat mendahului orang sesudah kalian dan seseorang tidak akan kebih utama daripada kalian kecuali orang yang melakukan seperti apa yang kalian kerjakan?” Mereka menjawab:”Tentu mau ya rasulallah”. Beliau bersabda: “Kalian bertasbih, bertakbir, dan bertahmid 33 kali setiap selesai salat”.Orang-orang fakir dari kalanganmuhajirin kembali menghadap rasulullah saw. dan mengatakan: “Saudara-saudara kami yang kaya-kaya mendengar (mengetahui) apa kami lalukan lalu merekapun melakukan seperti apa yang kami lakukan”. Lalu rasulullah saw. Bersabda: “Itulah keutamaan yang Allah berikan kepada siapa saja yang menghendaki (keutamaan)”. (HR Bukhari dan Muslim, riyad al-Salihin, hlm. 173, hadis no. 571).
15.   عن أبى موسى الأشعريّ رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "مثل المؤمن الذي يقرأ القرآن مثل الأترجّة ريحها طيّب و طعمها طيّب و مثل المؤمن الذي لايقرأ القرآن كمثل التمرة لا ريح لها و طعمها حلو. و مثل المنافق الذي يقرأ القرآن مثل الريحانة ريحها طيب و طعمها مرّ و مثل المنافق الذي لا يقرأ القرآن كمثل الحنظلة ليس لها ريح و طعمها مرّ" (متفق عليه) رياض الصالحين, ص: 267-268, رقم: 992)
Dari Abu Musa al-Asy’ari r.a. berkata: rasulullah saw. bersabda: “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran adalah seperti buah limau (utrujah).Baunya sedap dan rasanya enak. Perumapaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah kurma. Tak berbau tetapi rasanya manis.Perumapaan orang munafik yang membaca Alquran adalah seperti buah raihanah, baunya harum tetapi rasanya pahit. Perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Alquran adalah seperti handholah,tak berbau tetapi rasanya pahit.”. (HR Bukhari dan Muslim, Lihat Riyad al-Salihin, hlm. 267-268, hadis no. 992).
16.   عن أنس رصي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: "إتقوا دعوة المظلوم و إن كان كافرا فإنّها ليس دونها حجاب" (رواه أحمد و أبو يعلى و الضياء) (الجامع الصغير, ج:1,
Dari Anas r.a. dari rasulullah saw. Bersabda: “Takutlah kalian terhadap doa orang  yang teraniaya meskipun dia adalah orang  kafir karena tidak hijab di antara (doa)nya (dan Aku). (HR. Ahmad, Abu Ya’la dan al-Dliya’, Riyad al-Salihin,juz 1).
17.   كل المسلم على المسلم حرام  دمه و عرضه وماله (رواه مسلم)  (رياض: ص: 273, رقم: 1524) عن أبى بكرة رضي الله عنه أن رسول الله قال فى خطبته يومالنحر بمنى فى حجة الوداع: "إن دماءكم و أموالكم و أغراضكم حرام عليكم كحرمة يومكم هذا فى شهركم هذا فى بلدكم هذا, ألا هل بلّغتُ" (متفق عليه) (رقم: 1521)
Setiap orang muslim atas muslim lainnya adalah haram darahnya, kehormatannya dan hartanya. (HR Muslim,lihat Riyad al-Salihin, hlm.273, hadis no.1524). Dari Abu Bakrah r.a. bahwa rasulullah saw. Bersabda di dalam khutbahnya di hari nahar (idul adha) di Mina ketika haji wada’: “Sesungguhnya darah, harta dan kehormatan kalian adalah haram (amat dihormati) sebagaimana dihormatinya harimu sekarang ini di bulanmu sekarang ini di negerimu sekarang ini. Ingatlah bahwa aku sudah menyampaikan!”. (HR Bukhari dan Muslim,lihat riyad al-Salihin, hadis no. 1521).
18.                        عن حمران أن عثمان دعا بوضوء. فغسل كفيه ثلاث مرّات ثمّ تمضمض و استنشق واستنثر ثمّ غسل وجهه ثلاث مرّات, ثمّ غسل يده اليمنى إلى المرفق ثلاث مرّات, ثمّ اليسرى مثل ذلك, ثمّ مسح برأسه, ثمّ غسل رجله اليمنى الى الكعبين ثلاث مرّاات, ثمّ اليسرى مثل ذلك, ثمّ قال:" رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم نحو وضوئى هذا" (متفق عليه) بلوغ المرام: 2:9, رقم: 37)
Dari Humran bahwa ‘Usman meminta air wudu.Lalu beliau membasuh kedua telapak tangannya tiga kali. Kemudian diaberkumur, memasukkan air ke hidung dan menyemprotkannya. Kemudian dia membasukmukanya tiga kali. Kemudian dia membasuk kedua tangan kanannya sampai sikutiga kali kemudian tangan kirinya seperti itu,kemudian dia mengusap kepalanya (sekali),kemudian dia membasuh kaki kanannya sampai mata kaki tiga kali kemudian (membasuh) yang kiri seperti itu. Kemudian dia mengatakan: “Aku melihat rasulullah saw. Berwudu seperti wuduku ini”. (HR Bukhari dan Muslim, lihat bBulug al-Maram, hadis no.37). 
19.                        إن الله تعالى يبغض البخيل فى حياته السخي عند موته (رواه الخطيب فى كتاب البلاء عن علي, أنظر الجامع الصغير,ج:1, ص:75)
Sesungguhnya Allah membenci orang bakhil ketika hidupnya dan dermawan ketika hendak matinya”. (HR al-Khathib dalam kitab al-Bala’ dari ‘Ali, lihat pula kitab al-Jami’ al-Sagir, juz 1, hlm. 75).
20.                        عن أبى هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم:ما من يوم يصبح العباد فيه إلا ملكان ينزلان فيقول أحدهما:"اللهمّ أعط منفقا خلفا" ويقول الآخر: "أللهم ّأعط ممسكا تلفا" (متفق عليه) (رياض الصالحين, ص:166, رقم 546)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw. Bersabda: “Tidaklah seorang hamba memasuki waktu kecuali dua malaikat turun. Yang satu berdoa: “Ya Allah, berilah pengganti orang yang menginfakkan hartanya!” dan malaikat yang lain berdoa: “Ya Allah berilah kerusakan orang yang menahan hartanya!”. (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim,lihat Riyad al-Salihin hlm. 166,hadis no.546). 
21.                        عن ابن مسعود رضي الله عنه قال قال النبيّ صلى الله عليه و سلم: "أيكم مال وارثه أحب إليه من ماله؟" قالوا: "يا رسول الله ما منّا أحد إلا ماله أحب إليه". قال: "فإن ما له ما قدّم ومال وارثه ما أخّر" (رواه البخاري)(رياض الصلحين: ص: 166, رقم: 543)
Dari Ibnu Mas’ud r.a. berkata: Nabi saw. Bersabda: “Siapa diantara kalian yang lebih menyukai harta warisan (yang belum bibagi) daripada hartanya sendiri?” Mereka menjawab: “Tak seorangpun dari kami kecuali dia lebih menyukai hartanya sendiri”. Beliau bersabda: “Sungguhh hartanya sendiri adalah harta yang dia sedekahkan dan harta warisan adalah harta dia akhirkan (tidak dibelanjakan) (HR Bukhari,lihat Riyad al-Salihin,hlm. 166,hadis no. 543)
22.                        لكل باب من أبواب البرّ باب من أبواب الجنة وإن باب الصيام يدعى الريان (رواهالطبرانى عن سهل بن سعيد, حسن, الجامع الصغير, ج:2, ص: 125.)
Setiap pintu dari pintu-pintu kebaikan mempunyai pintu-dari pintu-pintu syurga dan sesungguhnya pintu puasa dinamakan al-Rayan”. (HHR al-Thabrani dari Suhail bin Sa’id,lihat kitab al-Jami’ al-Saghir, juz 2,hlm 125).
23.                        لا يقبل إيمان بلا عمل و لا عمل بلا إيمان (رواه الطبرانى, عن إبن عمر, حسن,الجامع الصغير,ج 2, ص: 205)
Iman tanpa amal tidaklah akan diterima dan begiktu juga amal tanpa iman (tidak akan diterima). HHR al-Thabrani dari Ibnu ‘Umar, Lihat kitab Al-Jami’ al-Shaghir, juz 2,hlm 205).
24.                        المؤمن من أمنه الناس على أموالهم وأنفسهم و الهماجر من هجر الخطايا و الذنوب (رواه غبن ماجه عن فضالة بن عبيد, جسن,الجامع الصغير: ج: 2,ص: 184)
Orang mukmin adalah orang yang menjamin keamanan harta dan jiwa manusi/orang lain. Muhajir adalahorang yang meninggalkan kesalahan dan dosa-dosa. (HHR Ibnu Majah dari Fudlalah bin ‘Ubaid, lihat kitab al-Jami’ al-Shaghir, juz 2, hlm. 184).
25.                         إذا سرّتك حسنتك و ساءتك سيّئتك فأنت مؤمن. (رواه أحمد و ابن حبان و الطبرانى و الجاكم و البيهقى و الضياء عن أبى أمامة و هذا الحديث صحيح)
Rasulullah s.a.w. berabda:
Iz\a> sarratka hasanatuka wa sa>atka sayyiatuka fa anta mu’min
(Apabika kejelekanmu menyusahkanmu dan kebaikanmu menyenangkanmu, maka engkau adalah seorang mukmin.
(HSR. Ahmad, Ibn Hibban, al-Thabrani, al-Hakim dan al-Baihaqi dan al-Dliya’ dari Abu Umamah),
lihat: Jalal al-Din al-Suyuthi, al-Jami’ al-Saghir, Juz 1, hlm. 28)

26.                   حدثنا موسى بن إسماعيل ثنا حماد عن ثابت عن أنس أن رجلا قال: يا رسول الله, أين أبي؟ قال: أبوك فى النار. فلما قفّى قال إن أبى و أباك فى النار (رواه أبوداود فى سننه, الجزء الرابع, فى كتاب السنة, ص: 230, رقم الحديث: 4718)
Kami (Abu Dawud) diberitahu oleh Musa bin Ismail, kami diberitahu oleh Hamad, dari Tsabit, dari Anas bahwa seorang (pemuda) bertanya: Ya rasulallah, di mana bapakku?” Beliau menjawab: “(Bapakmu) di neraka”. Setelah beliau memegang tengkuknya (pemuda), beliau bersabda: “Sesungguhnya bapaku dan bapakmu di neraka”.(HSR Abu Dawud did alam sunannya,juz 4, dalam kitab al-Sunnah, hlm. 230., hadis no.4718).
حدثنا أبوبكربن أبى شيبة و زهيربن حرب قالا: حدثنا محمد بن عبيد عن يزيد (يعنى ابن كيسان) عن أبى حازم عن أبى هريرة قال: زار النبيّ صلى الله عليه وسلم قبر أمه فبكى و أبكى من حوله فقال: استأذنت ربي فى أن  أستغفر لها فلم يؤذن لي واستأذنته فى أن  أزورقبرها فأذن لي فزوروا القبور فإنها تذكّر الموت (رواه مسلم فى صحيحه , المجلد الأول: فى كتاب الجنائز, باب استئذان النبي ص. ربه عز و جل فى زيارة قبر أمه, ص: 429)
Kami (Muslim) diberitahu oleh Abu Bakrah bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb,keduanya berkata: kami diberitahu oleh Muhammad bin ‘Ubaid dari Yazid (yakni Ibnu Kaisan) dari Abu Hazim dari Abu Hurairah,dia berkata: “Nabi saw.menziarahi kubur ibunya (di Abwa) lalu beliau menangis dan menyebabkan menangis pula orang-orang yang ada di sekitarnya”.Lalu beliau (saw.) bersabda: “Aku meminta izin untuk memohonkan ampunan (kepada Allah) untuknya, Dia tidak mengizinkanku dan sebelumnya aku memohon izin untuk menziarahi kuburnya, Dia mengizinkanku. Oleh karena itu, berziarahlah ke kuburan karena ia akan mengingatkan (kalian) akan (bekal) kematian. (HSR. Muslim di dalam sahihnya,jilid 1, dalamkitab al-Janaiz,  bab Nabi meminta izinkepada Tuhannya Azza wa Jalla untuk menziarahi kubur ibunya, hlm., 429).
27.                   إن من أفضل إيمان العبد أن يعلم العبد  أن الله معه حيث كان (الحكيم عن عبادة ين الصامت, كنز تاعمال, ج1, ص: 79)
Sesunguhnya diantara seutama-utama iman seseorang adalah kesadaran seseorang bahwa Allah bersamanya dimanapun dia berada. (HR. al-Hakim dari Anas, di dalam Kanz al-‘Ummal, Juz 1, hlm.79).

28.                    حدثنا عبد الله حدثنى أبى حدثنا حسين بن محمد حدثنا المبارك عن الحسن قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم:إن العبد ليذنب الذنب فيدخله الله به الجنة. قالوا: يا رسول الله و كيف يدخله الجنة؟ قال: يكون نُصْبَ عينه فارا تائبا حتى يدخله ذنبه الجنة. (رواه أحمد فى الزهد,بيروت: دار الكتب العلمية, 1999 ص: 321, رقم الحديث: 2346)
Abdullah memberitahu kami: ayahku memberitahu aku, kami diberitahu oleh Husainbin Muhammad, kamu diberitahu oleh al-Mubarak, dari al-Hasan, katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sungguh seorang hamba benar melakukan dosa lalu Allah memasukkannya dengannya (dosa tersebut) ke dalam sorga.” Mereka bertanya: “Bagaimana Dia memasukkannya (dengan dosa tersebut) ke dalam sorga?” Rasul menjawab: “Di hadapannya, dia terdorong untuk lari dan bertaubat sampai dosanya memasukkannya ke dalam sorga”. (HR. Ahmad di dalam Kitab al-Zuhd, hlm. 321, hadis nomor: 2346)
29.                  عن عبد الله بن عمر الخطاب أنه قال: قام رجل فقال: يا رسول الله كيف صلاة الليل؟ قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: صلاة الليل مثنى مثنى فإذا خفت الصبح فأوتر بواحدة (رواه مسلم فى صحيحه, المجلد الأول: ص. 334,رقم الحديث: 147)
Dari Abdullahbin Umar (bin) Khattab bahwa dia berkata: seseorang berdiri lalu bertanya: Ya rasulallah, bagaimana cara salat malam?  Rasulullah saw. Menjawab: “Salat malam (dikerjakan) dua rakaat-dua rakaat dan jika kamu takut tiba waktu subuh, maka berwitirlah satu rakaat” (HSR. Muslim, Juz perama, hlm. 334, no.147). 
Catatan: salat lail dua rakaat-dua rakaat menunjukkan bahwa salat dikerjakan setiap dua rakaat salam, berapapun banyaknya, yang penting ada witirnya (ganjil) baik di akhir, di tengah ataupun di awal. Hadis ini bukan pembatas bahwa salat malam harus dua rakaat-dua rakaat tetapi menunjukkan kebolehan saja karena hadis sahih lainnya menunjukkan bahwa rasulullah salat malam 8 rakaat dengan sekali salam dan witir dengan 3 rakaat/5 rakaat/7/rakat/9 rakaat dengan satu salam. Salat malam 11 rakaat juga bukan batasan bahwa lebih atau kurang dari 11 tidak boleh karena ada hadis sahih yang menyatakanbahwa rasulullah salat malam 13 rakaat (witirnya 5 rakaat dengan satu salam) dan salat malam 9 rakaat. Jadi kesimpulannya, salat malam minimal 1 rakaat (witir saja) dan maksimum tidak ada batas dan yang penting dianjurkan jumlahnya ganjil.
30.           عن أبى هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: أفضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل (أخرجه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra., dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: “Salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.(HR Muslim).
31.                         عن أنس رضي الله عنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا ارتحل فى سفره قبل أن تزيغ الشمس أخّر الظهر إلى وقت العصر ثمّ نزل فجمع بينهما فإن زاغت الشمس قبل أن يرتحل صلى الظهر ثم ركب (متفق عليه) و فى رواية للحاكم فى الأربعين بإسناد صحيح: صلى الظهر و العصر ثمّ ركب. ولأبى نعيم فى مستخرج مسلم: كان صلى الله كان إذا كان فى سفر فزالت الشمس صلى الظهر و العصر جميعا ثم ارتحل(بلوغ المرام: ص:87)
Dari Anas ra. Dia berkata bahwa apabila rasulullah saw. bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan dhuhur sampai waktu ashar kemudian beliau turun untuk menjamak keduanya tetapi jika matahari telah tergelincir sebelum berangkat, beliau salat dhuhur, kemudian naik hewan tunggangannya (HR Bukhari dan Muslim), dan dalam riwayat al-Hakim di dalam kitab al-Arba’in dengan isnad yang sahih: “Beliau salat dhuhur dan ashar kemudian beliau naik hewan tunggangannya”, dan menurut Abu Nu’aim dalam mustakhraj Muslim (menyebutkan bahwa)  apabila beliau saw. Akan bepergian ketika matahari sudah tergelincir, beliau menjamak salat dhuhur dan ashar kemudian berangkat”.
32.                        قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: ليس الشديد بالصرعة إنما الشديد الذي يملك نفسه عند الغضب(متفق عليه)
Rasulullah saw, bersabda: orang yangkuat bukanlah orang yang mampu membanting (orang) tetapi orang yang kuat adalah orang menguasai dirinya ketika marah” (HR Bukhari dan Muslim).

33.                        عن معقل بن يسار رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول: ما من عبد يسترعيه الله رعيّة يموت يوم يموت وهو غاشّ لرعيته إلا حرم الله عليه الجنة. (متفق عليه)
(بلوغ المرام: ص: 303)
Dari Ma’qal bin Yasar ra.,dia berkata: Aku mendengar rasulullah saw,bersabda:”Tidaklah seseorang diangkat menjadi pemimpin bagi rakyatnya ketika dia akan meninggal dunia, dia menipu rakyatnya, kecuali Allah mengharamkan atasnya syurga”. (HR Bukhari dan Muslim).
34.                        عن أبى هريرة رضي الله عنه – فى قصة المرأة التى كانت تقمّ المسجد فسأل عنها النبيّ صلى الله عليه وسلم – فقألوا: ماتت فقال: أفلا كنتم آذنتمونى؟ فكأنّهم صغّروا أمرها فقال: دلّونى على قبرها فدلوه فصلى عليها (متفق عليه) و زاد مسلم ثم قال: إن هذه القبور مملوءة ظلمة على أهلها و إن الله ينوّرها لهم بصلاتى عليهم" (بيوغ المرام: ص: 111)
Dari Abu Hurairah r.a.-berkaitan dengan kisah seorang wanita yang biasa menyapu masjid-nabi saw, bertanya tentangnya – mereka menjawab: “Wanita tersebut telah mati”. Beliau bersabda: “Mengapa kalian tidak memberitahu aku?” Seakan-akan mereka menganggap remeh masalah kematiannya. Lalu beliau saw, bersabda: “Tunjukkan aku ke kuburnya!” Merekapun menunjukkan beliau lalu beliau menyalatkannya. (HR Bukharhi dan Muslim)dan dan Muslim menambahkan, kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya penghuni kuburan ini diliputi kegelapan dan Allah meneranginya dengan salatku untuk mereka”. 
35.                         عن أبى هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "المؤمن مرآة أخيه المؤمن" (أخرجه أبو داود بإسناد حسن)
Dari AbuHurairah ra., dia berkata bahwa rasulullah saw, bersabda: Seorang mukmin adalah cerminbagi saudaranya yang mukmin” (HR Abu Dawud dengan isnad yang hasan). 
36.                         عن أبى هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: المؤمن القويّ خير وأحبّ إلى الله من المؤمن الضعيف. وفى كلٍّ خيرٌ. اخرصْ على ما ينفعك و استعن بالله و لا تعجز وإن أصابك شئ فللا تقل:لوأنّى فعلت كذا كان كذا و كذا و لكن قل: قدّر الله وما شاء الله فعل فإن "لو" تفتح عملَ الشيطانِ (أخرجه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra., diaberkta bahwa rasulullah saw.,:” Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah meskipun pada masing-masingnya ada kebaikan. Inginilah apa saja yangmemberi manfaat kepadamu dan mohonlah pertolongan kepada Allah  dan janganlah kamu lemah. Jika kamu ditimpa musibah, janganlah mengakatakan: “Seandainya aku berbuat begini, tentulah akan begitu dan begitu.Akan tetapi katakanlah:”Allah telah menetapkan/menakdirkan. Apa yang Allah kehendaki, Dia perbuat, karena sesungguhnya kata “seandainya” membukan perbuatan syetan”. (HR Muslim).
37.                         عن ابن عمر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إذا أكل أحدكم فليأكل بيمينه وإذا شرب فليشرب بيمينه فإن الشيطان يأكل بشماله و يشرب بشماله (أخرجه مسلم)
Dari  Ibnu Umar ra. Bahwa rasulullah saw., bersabda: “Apabila seseorang diantara kalian hendak makan, hendaklah dia makan dengan tangan kanannya dan apabila dia akan minum,maka hendaknya dia minum dengan tangan kanannya karena syetan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya”. (HR Muslim).
38.                        عن أنس عن النبيّ صلى الله عليه و سلم أنه قال:"والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحبّ لجاره ما يحبّ لنفسه (متفق عليه)
Dari Anas dari nabi saw., bahwabeliau bersabda: “Demi Zat yang diriku bi bawah kekuasaan-Nya, seseorang tidaklah beriman sehingga dia mencintai tetangganya seperti mencintai dirinya sendiri”.  (HR Bukhari dan Muslim)
39.                        عن أبى هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من نفّس عن مسلم كربة من كرب الدنيا نفّس الله عنه كربة من كربِ يومِ القيامة و من يسّر على معسر يسّر الله عليه فى الدينا والآخرة و من ستر مسلما ستره الله فى الدنيا و الآخرة و الله فى عون العبد ما كان العبد فى عون أخيه" (أخرجه مسلم)
Dari Abu Hirairah ra., dia berkata bahwa rasulullah saw., bersabda: “Siapa yang melepaskan seorangmuslim dari salah satu kesusahan di dunia Allah akan melepaskannya dari salah satu kesusahannya pada hari kiamat dan siapa  yang mempermudah orang yang sedang kesulitan, Allah akan mempermudahnya di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutup (aib) muslim, Allah akan menutup(aib)nya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong seseorang selama orang tersebut menolong saudaranya”. (HR Muslim).
40.                         عن سهل بن سعد رضي الله عنه قال: جاء رجل إلى النبيّ صلى الله عليه و سلم فقال: يا رسول الله دلنى على عمل إذا عملته أحبّنى الله وأحبنى الناسُ فقال: إزهد فى الدنيا يحبّك الله وازهد فيما عند الناس يحبَّك الناسُ" (رواه ابن ماجه وغيره و سنده حسن)
Dari Sahl bin Sa’d ra., diaberkata: Seseorang datang kepada nabi saw., lalu bertanya: “Ya rasulallah, tunjukilah aku suatu amal yang jika aku kerjakan Allah mencintaiku dan manusia juga mencintaiku!” Lalu nabi saw., bersabda: “Zuhudlah terhadap dunia, niscaya Allah mencintaimu dan zuhudlah terhadap apa yang ada di tangan orang lain, niscaya manusia mencintaimu”. (HR Ibnu Majah dan lainnya dan sanadnya hasan).
Catatan: hadis-hadis di atas harus dibaca mahasiswa di luar kelas (sebagai tugas) tiga kali untuk tiga pertemuan setelah pertemuan pertama dan mahasiswa diminta membuat komentar dan pertanyaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerima Kritik Dan Saran