Translate

Rabu, 16 April 2014

Teori munculnya pemimpin

Teori munculnya pemimpin dan teori kepemimpinan
Munculnya pemimpin dikemukakan dalam beberapa teori yaitu: [1]
1.      Teori Genetis
Sesorang akan menjadi pemimpin karena memang ia dilahirkan utnuk menjadi pemimpin; dengan kata lain ia mempunyai bakat dan pembawaan untuk menjadi pemimpin. Tidak semua oarang bisa menjadi pemimpin, haya kerena orang-orang yang mempunyai bakat yang buisa menjadi pemimpin (leaders are borned not built).
2.      Teori Sosial
Seseorang akan menjadi pemimpin kalau lingkungan, waktu atau keadaan memungkinkan ia menjadi pemimpin. Semua orang bisa menjadi  pemimpin asal debari kesempatan dan diberi pembinaan untuk menjadi pemimpin walaupun  ia tidak mempunyai bakat (leaders are built not borned).
3.      Teori Ekologis
Gabungan teori Genetis dan teori Sosial, yaitu untuk menjadi seorang pemimpin perlu bakat dan bakat itu perlu dibina supaya berkembang. Kemampuan untuk mengembangkan bakat itu tergantung pada lingkungan, waktu dan keadaan.
4.      Teori Situasi
Setiap orang bisa menjadi pemimpin, tetapi dalam situasai tertentu saja, karena ia memiliki kelebihan-kelebihan yang dalam situasi itu. Dalam situasi lain dimana kelebihan-kelebihan itu tidak diperlukan, ia tidak akan menjadi pemimpin, dan mungkin hanya menjadi pengikut saja.


[1]Tim Den Administrasi Pendudikan UPI,  Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2009), hal. 129-130

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerima Kritik Dan Saran